7 Model Bisnis

7 Model Bisnis "Nyeleneh"

29 Agustus 2016

Dengan gabung Uber, anda bisa memanfaatkan mobil nganggur untuk cari duit. Jika punya kamar nganggur, anda bisa menyewakannya melalui AirBnB. Orang tak lagi beli CD, namun bisa download di iTunes dengan membayar per lagu. Konsep-konsep ini awalnya terasa "nyeleneh", namun lama kelamaan menjadi realitas baru dimana internet benar-benar merevolusi cara bisnis.

Banyak contoh cara bisnis baru yang sudah berkembang di sono, tapi mungkin masih asing bagi kita di sini. Inilah 7 diantaranya. Semoga menginspirasi.

  1. www.dollarshaveclub.com
    Konsepnya... langganan pisau cukur. Titik. Pisau cukur akan dikirimkan ke alamat anda tiap bulan sehingga anda tidak perlu belanja pisau cukur lagi. Aneh? Awalnya. Sukses? Luar biasa. Saking suksesnya, bulan Juli 2016 kemarin bisnis ini akhirnya diakuisisi oleh Unilever.
  2. www.dogvacay.com
    Anda suka anjing, dan punya tempat atau punya waktu untuk mengurus anjing orang lain? Dengan bergabung di sini, anda bisa menerima titipan anjing member lain yang hendak bepergian misalnya. Anda bisa juga membantu memandikan. Tentu sebaliknya, anda juga bisa titip anjing ke member lain jika mau pelesir.
  3. www.renttherunway.com
    Tampil dengan baju itu-itu saja... nggak banget buat cewek. Di sini anda bisa sewa. Tapi bayarnya bukan per item, melainkan bulanan! Anda boleh pilih baju mana saja dari seluruh koleksi yang ada. Mau pakai sehari dua hari atau berbulan-bulan.. suka-suka anda!
  4. www.myfriendsmells.com
    Teman anda punya masalah bau badan? Anda bisa pesan tisu cologne di sini, lalu kirimkan ke teman anda secara anonim. Kerahasiaan pengirim terjaga agar teman anda tak tersinggung :)
  5. www.coursera.com
    Bagi mereka yang mengejar ilmu (bukan mengejar nilai), materi kuliah dari universitas-universitas ternama seperti Yale, Standford, John Hopkins disediakan gratis di sini. Untuk versi berbayar, disediakan paket spesialisasi yang diminati, lengkap dengan tugas akhir dan sertifikat.
  6. www.pivotplanet.com
    Konsultasi mengenai hal apapun... online. Anda bisa pilih advisor yang berpengalaman di bidangnya, lalu janjian waktu untuk video conference. Bayarnya per jam. Setiap orang juga bisa apply untuk jadi advisor, tentu dengan syarat-syarat tertentu.
  7. www.lendingclub.com
    Butuh duit berapa... sebut saja! Jika ada sesama member yang tertarik, maka anda dapat duitnya. Anda dapat bunga pinjaman lebih rendah daripada bank, dan investor dapat imbal hasil lebih tinggi daripada tabungan.

Meskipun bicara teknologi, semua artikel di rubrik ini menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Inilah kesempatan bagi yang awam (atau bahkan mengaku gaptek) memperluas wawasan. Jika ada yang terasa basi, itu karena kami bukan mau balapan lari. Kami hanya ingin menggugah inspirasi. Siapa tahu muncul ide-ide bisnis baru dari sini. Ingin bertanya atau diskusi? Isi saja kolom di bawah ini! Enjoy!

Silakan Komen

Langganan Gratis

Tidak sempat mengikuti setiap hari? Pastikan anda tidak ketinggalan info. Kami akan kirimkan rangkuman ide bisnis online, trend, dan tips-tips ke sini: